Saya Sharing dari pengalaman saya bekerja selama 11 tahun sebagai Sales Person dan akhirnya saya lakukan merangkap sebagai Supervisor/Kepala Perwakilan/Wakil Kepala Cabang dan saat ini sebagai pemilik bisnis sendiri di tas alkitab Sabda Mulya www.tasalkitab.com.
Yang perlu kita lakukan dalam canvassing adalah persiapan, kunjungan dan setelah penjualan adalah sebagai berikut.
1. Persiapan
a) Buat jadwal tempat, tanggal , waktu dan customer yang dibidik
b) Rencanakan anggaran dan omzet yang akan dicapai
c) Kelengkapan administrasi : Faktur, kwitansi, katalog/brosur dan tagihan
d) Menyiapkan stok yang dibawa beserta contoh produk baru bila ada.
e) Kendaraan yang akan digunakan diperiksa kelayakannya. Kalau mau naik kendaraan umum
atau sewa perlu dipertimbangkan untuk efisiensinya.
d) Hubungi Customer untuk info kunjungan minimal 2 s/d 7 hari sebelum keberangkatan. Terlalu
dini mengakibatkan customer kurang persiapan. Terlalu lama customer bisa lupa kalau kita mau
kunjungan.
2. Kunjungan
Sapa, senyum dengan ramah kepada pelanggan. Buatlah pelanggan percaya kepada kita. Anggaplah pelanggan seperti teman/saudara kita yang lama tidak kita kunjungi. Sebelum menawarkan produk, terlebih dahulu pelanggan harus melunasi / bertanggung jawab atas tagihan yang masih ada. Setelah menyelesaikan tagihan, tawarkan produk yang baru terlebih dahulu. Cek stok lama yang habis dan tawarkan juga stok yang kita bawa dan tanyakan kepada pelanggan produk apa yang mau dipesan. Setelah penawaran kemungkinan besar pelanggan membeli kepada kita, bila tidak ada pembelian bisa disebabkan stok masih banyak dan toko masih sepi maka berikan harapan dan saran bila diminta. Berikan saran yang anda kuasai dan jangan berbohong. Bila ada pembelian ucapkan terima kasih dan berjabat tangan sebelum kita meninggalkan toko pelanggan.
3. After Sales
Kontrol pengiriman apakah sudah sesuai barang yang dikirimkan dan tepat waktu. Masa pengiriman yang terlalu lama membuat pelanggan kurang kepercayaannya kepada kita. Kecepatan dan ketepatan pengiriman selain membuat pelanggan puas juga jangka waktu kredit atau bayar pelanggan kepada kita lebih cepat. Ingatkan pelanggan melalui SMS/telepon bila tagihan sudah jatuh tempo. Perlakukan pelanggan sebaik mungkin agar kita dipercaya maka uang akan kita terima akibat dari pelayanan kita.
Lakukan pekerjaan kita sepenuh hati. Layanilah seperti kita melayani Tuhan.
www.tasalkitab.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar